WeCreativez WhatsApp Support
Ada yang bisa dibantu? Akan kami segera tanggapi pertanyaan Anda.
Selamat datang di Positive Communication

SEO dan SEM. Dua istilah yang tidak asing bagi para pengusaha yang sedang berupaya mengoptimalkan bisnisnya lewat dunia digital. Jika search di Google, Anda bisa menemukan ratusan lebih artikel yang membahas tentang keduanya. Mulai deskripsi, tips, hingga cara menyiasatinya.

Agar lebih mudah memahaminya, kali ini akan coba dijabarkan dengan penjelasan yang sederhana.

SEM (SEARCH ENGINE MARKETING)

Istilah gampangnya beriklan di search engine Google. Karena beriklan, tentu saja Anda harus membayar. Dengan membayar, website Anda otomatis tampil di halaman pertama Google ketika ada yang melakukan pencarian sesuai keyword yang Anda gunakan.

SEM itu lebih ke arah direct result, dan waktunya lebih singkat. Kalian hanya perlu setup campaign, research keyword, bikin teks iklan promosi, dan dalam sekitar 30 menit, iklan web sudah bisa tampil di mesin pencarian.

Selain mengoptimalkan untuk mesin pencarian, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponennya. Apa saja contohnya? Seperti daftar bayar per klik atau Pay Per Click (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar, bentuknya yaitu kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Nah, jika melakukan SEO maka hal ini juga termasuk upaya SEM.

Apa saja yang ditawarkan SEM? Ada dua produk, yaitu:

  1. Paid inclusion adalah tawaran berbayar SEM dari search engine yang menjamin halaman web anda akan dimasukkan dalam indeks search engine. Namun dalam produk SEM ini tidak menjamin peringkat. Pembayaran SEM  yang digunakan untuk paid inclusion berdasarkan pada Biaya Per Klik (BPK).
  2. Paid placements merupakan produk SEM yang mana website anda dijamin akan muncul dalam daftar organik. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membayar SEM tipe ini berpengaruh pada tingkat ranking yang diberikan. Contoh SEM dari paid placements adalah Google Adwords atau link sponsor.

SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)

Sementara SEO yaitu Search Engine Optimization yang artinya pengoptimalan website di Google yang sifatnya organic traffic. Organic dalam artian Anda harus mengoptimalkan website sehingga muncul dalam mesin pencarian dalam kata kunci tertentu.

Jelas butuh waktu yang lama dan banyak effort yang harus dilakukan. Anda pun harus menguasai tekniknya agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa berbulan-bulan, bahkan tahunan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

SEO lebih banyak dimanfaatkan untuk mengembangkan Brand Awareness sebuah perusahaan, bukan dari sisi sales atau meningkatkan income.

Alogaritma soal SEO memang terus berubah mengikuti perubahan aturan dari Google. Namun, ada satu aspek penting dari SEO yang tetap konsisten atau tetap yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

SEO On-Page:

  • Memasukkan target keyword secara manual ke dalam judul blogpost, heading tag, meta description, dan lain sebagainya.
  • Merapikan format URL halaman atau page.
  • Mengoptimalkan kecepatan loading atau pemuatan halaman website.
  • Mengintegrasikan berbagi platform media sosial dengan konten.

SEO Off-Page:

  • Membuat backlink yang berkualitas tinggi serta menempatkannya secara natural.
  • Menerapkan Local SEO.

Kapan butuh SEM dan SEO? SEKARANG JUGA!

Untuk SEM, wajib digunakan ketika pertama kali masuk ke dunia digital, apalagi ketika yang baru membangun bisnis. Tentunya ingin mencoba masuk langsung ke Google search.

Karena apa? Karena Google search ini sifatnya adalah permintaan langsung dari orang-orang. Orang lagi butuh apa, mereka cari, ketemu bisnisnya Anda, mereka lihat cukup oke, mereka langsung kontak. Jadi disitu ada dapat kontak, terus result nya bisa terlihat langsung.

Ketika baru membangun bisnis dan ingin bisnis tetap berjalan, disarankan masuk ke SEM dahulu khususnya di Google search.

KESIMPULAN

SEM merupakan cara optimalisasi website yang berbayar, sementara SEO gratis. SEM biasanya lebih digunakan untuk promosi produk dan penjualan, sedangkan SEO lebih kepada konten-konten umum baik itu penjualan ataupun bukan.

Peluang untuk tampil pada laman pertama lebih terjamin dengan SEM. Sedangkan SEO cenderung lebih sulit karena banyaknya saingan dan butuh keterampilan dan trik dalam menggunakan kata kunci.

Keduanya sama-sama penting. Sebelum memilih dan memulai, pastikan telah memahami perbedaan dari keduanya terkait target atau kepentingan bisnis Anda dan bagaimana mempertahankan konsistensi strategi marketing digital ini.

Sebagai crative agency yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun, Positive Communication telah dipercaya oleh banyak perusahaan, mulai instansi pemerintah hingga swasta. Kami berkomitmen membantu mengembangkan bisnis Anda lewat optimasi SEO dan SEM untuk website perusahaan Anda